Bem UIT Peringati hari Kesehatan Jiwa dan Mental

Makassar — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Timur (UIT) melepas ratusan balon ke angkasa anjungan Pantai Losari Makassar, Sabtu (10/10) kemarin.

Pelepasan balon BEM Fakultas Psikologi UIT dalam rangka memperingati hari Kesehatan Jiwa dan Mental. Kegiatan ini dihadiri ratusan pemuda dan mahasiswa, yang kerap dunia peringati tiap 10 Oktober tiba.

Perayaan ini pertama kali diinisiasi oleh World Federation for Mental Health pada tahun 1992, dengan membawa misi untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan advokasi masyarakat seluruh dunia mengenai kesehatan jiwa.

Di Indonesia, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia baru mulai ditetapkan pada tahun 1993. Misi yang dibawa adalah untuk menghormati hak ODMK (Orang dengan Masalah Kejiwaan), memperluas program pencegahan masalah kesehatan jiwa, mendekatkan akses kesehatan pada masyarakat, memperluas cakupan pelayanan, dan meningkatkan upaya kesehatan jiwa secara optimal.

Sungguh suatu misi yang luar biasa, tapi ternyata misi yang dicanangkan pada tahun 1993 ini pun masih menjadi misi yang harus diperjuangkan di tahun 2015.

Di zaman ponsel pintar seperti sekarang, realitanya masih banyak masyarakat Indonesia yang masih awam tentang kesehatan jiwa.

Masih lebih banyak orang yang mengabaikan pentingnya menimbang, mengupayakan dan mempertahankan kesehatan jiwa dan mental dibandingkan dengan kesehatan fisik.

Sebagian anggota masyarakat baru akan memperhatikan masalah kesehatan jiwa dan mental, hanya disaat mereka dihadapkan pada gangguan kesehatan mental dan jiwa.

Ketua BEM Psikologi UIT, Jusman berharap dengan teralisasinya kegiatan tersebut mampu menular dalam kampus UIT yang di nilai lagi sakit terkait persoalan non aktif,semoga dengan memperingati hari kesehatan jiwa dan mental element kampus kembali normal serta sembuh total dari penyakitnya. (wt-ardi)

 

Sumber yang dihormati: Wajotekini.com